RPP MENGGABUNGKAN FOTOGRAFI DIGITAL KE DALAM SAJIAN MULTIMEDIA

· fotografi
Penulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : DASAR-DASAR MULTIMEDIA
KELAS/SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE : 1
ALOKASI WAKTU : 4 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : Menggabungkan Fotografi Digital ke dalam Sajian Multimedia
KOMPETENSI DASAR : MMP.IC.02.005.01

I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
a. Siswa mampu Mempelajari manual penggunaan kamera digital dengan cermat
b. Siswa mampu mendefiniskan menyalakan kamera digital sesuai dengan prosedur

II. MATERI AJAR :
a. Mengidentifikasi tombol-tombol yang terdapat pada kamera digital
b. Mempelajari penggunaan tombol-tombol yang terdapat pada kamera digital
c. Mengidentifikasi menu dan fitur yang disediakan oleh kamera digital dengan teliti
d. Mempelajari penggunaan menu dan fitur yang tersedia di kamera digital

III. METODE PEMBELAJARAN :
a. Tanya jawab
b. Tatap muka / Pertemuan
c. Diskusi
d. Demonstrasi / contoh
e. Evaluasi

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
a. Kegiatan Awal : Pre Test
b. Kegiatan inti : Mengidentifikasi tombol-tombol yang terdapat pada kamera digital
Mempelajari penggunaan tombol-tombol yang terdapat pada kamera digital
c. Kegiatan Akhir : Ujian lisan

V. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
a. Kamera digital
b. Manual penggunaan kamera digital
c. Buku fotografi
d. Buku pendukung
e. Komputer

VI. PENILAIAN
Hasil post test 7,0

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : DASAR-DASAR MULTIMEDIA
KELAS/SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE : 2
ALOKASI WAKTU : 4 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : Menggabungkan Fotografi Digital ke dalam Sajian Multimedia
KOMPETENSI DASAR : MMP.IC.02.005.01

I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
a. Siswa mampu mempelajari penggunaan fokus dan efek pencahayaan dalam menghasilkan gambar digital dengan cermat
b. Siswa mampu mengatur faktor pembukaan lensa, resolusi, mode pencahayaan, brightness dan contratst guna menghasilkan gambar digital seperti yang diinginkan dengan teliti

II. MATERI AJAR :
a. Mempelajari penggunaan fokus dan efek pencahayaan dalam menghasilkan gambar digital
b. Mengatur faktor pembukaan lensa, resolusi, mode pencahayaan, brightness dan contratst guna menghasilkan gambar digital seperti yang diinginkan dengan teliti

III. METODE PEMBELAJARAN :
a. Tanya jawab
b. Tatap muka / Pertemuan
c. Diskusi
d. Demonstrasi / contoh
e. Evaluasi

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
a. Kegiatan Awal : Pre Test
b. Kegiatan inti : Kamera digital dioperasikan secara benar dengan pertimbangan fokus dan
pencahayaan untuk dapat mengambil gambar digital dengan baik
Menampilkan pemasukan dan pengeluaran software gambar digital yang
dipilih dan peralatan serta fitur-fitur program digunakan secara benar
c. Kegiatan Akhir : Ujian lisan

V. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
a. Kamera digital
b. Manual penggunaan kamera digital
c. Buku fotografi
d. Buku pendukung
e. Komputer

VI. PENILAIAN
Hasil post test 7,0

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : DASAR-DASAR MULTIMEDIA
KELAS/SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE : 3
ALOKASI WAKTU : 4 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : Menggabungkan Fotografi Digital ke dalam Sajian Multimedia
KOMPETENSI DASAR : MMP.IC.02.005.01

I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
a. Siswa mampu mempelajari penggunaan fokus dan efek pencahayaan dalam menghasilkan gambar digital dengan cermat
b. Siswa mampu mengatur faktor pembukaan lensa, resolusi, mode pencahayaan, brightness dan contratst guna menghasilkan gambar digital seperti yang diinginkan dengan teliti

II. MATERI AJAR :
a. Menampilkan editing dan manipulasi foto serta penggunaan peralatan dan fitur program secara benar
b. Menampilkan foto digital disimpan dan dibuka menggunakan format file yang dipilih

III. METODE PEMBELAJARAN :
a. Tanya jawab
b. Tatap muka / Pertemuan
c. Diskusi
d. Demonstrasi / contoh
e. Evaluasi

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
a. Kegiatan Awal : Pre Test
b. Kegiatan inti : Mengidentifikasi tombol-tombol yang terdapat pada kamera digital
Mempelajari penggunaan tombol-tombol yang terdapat pada kamera digital
c. Kegiatan Akhir : Ujian lisan

V. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
a. Kamera digital
b. Manual penggunaan kamera digital
c. Buku fotografi
d. Buku pendukung
e. Komputer

VI. PENILAIAN
Hasil post test 7,0

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : DASAR-DASAR MULTIMEDIA
KELAS/SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE : 4
ALOKASI WAKTU : 4 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : Menggabungkan Fotografi Digital ke dalam Sajian Multimedia
KOMPETENSI DASAR : MMP.IC.02.005.01

I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
a. Siswa mampu mempelajari penggunaan fokus dan efek pencahayaan dalam menghasilkan gambar digital dengan cermat
b. Siswa mampu mengatur faktor pembukaan lensa, resolusi, mode pencahayaan, brightness dan contratst guna menghasilkan gambar digital seperti yang diinginkan dengan teliti

II. MATERI AJAR :
a. Mempelajari penggunaan fokus dan efek pencahayaan dalam menghasilkan gambar digital
b. Mengatur faktor pembukaan lensa, resolusi, mode pencahayaan, brightness dan contratst guna menghasilkan gambar digital seperti yang diinginkan dengan teliti

III. METODE PEMBELAJARAN :
a. Tanya jawab
b. Tatap muka / Pertemuan
c. Diskusi
d. Demonstrasi / contoh
e. Evaluasi

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
a. Kegiatan Awal : Pre Test
b. Kegiatan inti : Kamera digital dioperasikan secara benar dengan pertimbangan fokus dan
pencahayaan untuk dapat mengambil gambar digital dengan baik
Menampilkan pemasukan dan pengeluaran software gambar digital yang
dipilih dan peralatan serta fitur-fitur program digunakan secara benar
c. Kegiatan Akhir : Ujian lisan

V. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
a. Kamera digital
b. Manual penggunaan kamera digital
c. Buku fotografi
d. Buku pendukung
e. Komputer

VI. PENILAIAN
Hasil post test 7,0

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : DASAR-DASAR MULTIMEDIA
KELAS/SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE : 5
ALOKASI WAKTU : 4 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : Menggabungkan Fotografi Digital ke dalam Sajian Multimedia
KOMPETENSI DASAR : MMP.IC.02.005.01

I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
a. Siswa mampu mempelajari penggunaan fokus dan efek pencahayaan dalam menghasilkan gambar digital dengan cermat
b. Siswa mampu mengatur faktor pembukaan lensa, resolusi, mode pencahayaan, brightness dan contratst guna menghasilkan gambar digital seperti yang diinginkan dengan teliti

II. MATERI AJAR :
a. Siswa mampu Menyimpan gambar digital dengan format tertentu
b. Siswa mampu Mengkoreksi tampilan gambar digital
c. Siswa mampu Memindah gambar digital yang tersimpan pada kamera digital ke media simpan yang lainnya dengan format tertentu

III. METODE PEMBELAJARAN :
a. Tanya jawab
b. Tatap muka / Pertemuan
c. Diskusi
d. Demonstrasi / contoh
e. Evaluasi

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
a. Kegiatan Awal : Pre Test
b. Kegiatan inti : Mengidentifikasi tombol-tombol yang terdapat pada kamera digital
Mempelajari penggunaan tombol-tombol yang terdapat pada kamera digital
c. Kegiatan Akhir : Ujian lisan

V. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
a. Kamera digital
b. Manual penggunaan kamera digital
c. Buku fotografi
d. Buku pendukung
e. Komputer

VI. PENILAIAN
Hasil post test 7,0

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : DASAR-DASAR MULTIMEDIA
KELAS/SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE : 6
ALOKASI WAKTU : 4 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : Menggabungkan Fotografi Digital ke dalam Sajian Multimedia
KOMPETENSI DASAR : MMP.IC.02.005.01

I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
a. Siswa mampu mempelajari penggunaan fokus dan efek pencahayaan dalam menghasilkan gambar digital dengan cermat
b. Siswa mampu mengatur faktor pembukaan lensa, resolusi, mode pencahayaan, brightness dan contratst guna menghasilkan gambar digital seperti yang diinginkan dengan teliti

II. MATERI AJAR :
a. Membuat gambar digital sesuai dengan prosedur
b. Mengolah gambar sesuai dengan kebutuhan
c. Melakukan koreksi dan mengatur sifat-sifat gambar digital untuk pekerjaan lebih lanjut
d. Menggabungkan gambar digital ke dalam rangkaian multimedia yang telah dipilih

III. METODE PEMBELAJARAN :
a. Tanya jawab
b. Tatap muka / Pertemuan
c. Diskusi
d. Demonstrasi / contoh
e. Evaluasi

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
a. Kegiatan Awal : Pre Test
b. Kegiatan inti : Kamera digital dioperasikan secara benar dengan pertimbangan fokus dan
pencahayaan untuk dapat mengambil gambar digital dengan baik
Menampilkan pemasukan dan pengeluaran software gambar digital yang
dipilih dan peralatan serta fitur-fitur program digunakan secara benar
c. Kegiatan Akhir : Ujian lisan

V. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
a. Kamera digital
b. Manual penggunaan kamera digital
c. Buku fotografi
d. Buku pendukung
e. Komputer

VI. PENILAIAN
Hasil post test 7,0

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : DASAR-DASAR MULTIMEDIA
KELAS/SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE : 7
ALOKASI WAKTU : 4 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : Menggabungkan Fotografi Digital ke dalam Sajian Multimedia
KOMPETENSI DASAR : MMP.IC.02.005.01

I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
a. Siswa mampu mempelajari penggunaan fokus dan efek pencahayaan dalam menghasilkan gambar digital dengan cermat
b. Siswa mampu mengatur faktor pembukaan lensa, resolusi, mode pencahayaan, brightness dan contratst guna menghasilkan gambar digital seperti yang diinginkan dengan teliti

II. MATERI AJAR :
a. Siswa mampu Menyimpan gambar digital dengan format tertentu
b. Siswa mampu Mengkoreksi tampilan gambar digital
c. Siswa mampu Memindah gambar digital yang tersimpan pada kamera digital ke media simpan yang lainnya dengan format tertentu

III. METODE PEMBELAJARAN :
a. Tanya jawab
b. Tatap muka / Pertemuan
c. Diskusi
d. Demonstrasi / contoh
e. Evaluasi

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
a. Kegiatan Awal : Pre Test
b. Kegiatan inti : Mengidentifikasi tombol-tombol yang terdapat pada kamera digital
Mempelajari penggunaan tombol-tombol yang terdapat pada kamera digital
c. Kegiatan Akhir : Ujian lisan

V. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
a. Kamera digital
b. Manual penggunaan kamera digital
c. Buku fotografi
d. Buku pendukung
e. Komputer

VI. PENILAIAN
Hasil post test 7,0

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : DASAR-DASAR MULTIMEDIA
KELAS/SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE : 8
ALOKASI WAKTU : 4 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : Menggabungkan Fotografi Digital ke dalam Sajian Multimedia
KOMPETENSI DASAR : MMP.IC.02.005.01

I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
a. Siswa mampu mempelajari penggunaan fokus dan efek pencahayaan dalam menghasilkan gambar digital dengan cermat
b. Siswa mampu mengatur faktor pembukaan lensa, resolusi, mode pencahayaan, brightness dan contratst guna menghasilkan gambar digital seperti yang diinginkan dengan teliti

II. MATERI AJAR :
a. Membuat gambar digital sesuai dengan prosedur
b. Mengolah gambar sesuai dengan kebutuhan
c. Melakukan koreksi dan mengatur sifat-sifat gambar digital untuk pekerjaan lebih lanjut
d. Menggabungkan gambar digital ke dalam rangkaian multimedia yang telah dipilih

III. METODE PEMBELAJARAN :
a. Tanya jawab
b. Tatap muka / Pertemuan
c. Diskusi
d. Demonstrasi / contoh
e. Evaluasi

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
a. Kegiatan Awal : Pre Test
b. Kegiatan inti : Kamera digital dioperasikan secara benar dengan pertimbangan fokus dan
pencahayaan untuk dapat mengambil gambar digital dengan baik
Menampilkan pemasukan dan pengeluaran software gambar digital yang
dipilih dan peralatan serta fitur-fitur program digunakan secara benar
c. Kegiatan Akhir : Ujian lisan

V. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
a. Kamera digital
b. Manual penggunaan kamera digital
c. Buku fotografi
d. Buku pendukung
e. Komputer

VI. PENILAIAN
Hasil post test 7,0

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : DASAR-DASAR MULTIMEDIA
KELAS/SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE : 9
ALOKASI WAKTU : 4 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : Menggabungkan Fotografi Digital ke dalam Sajian Multimedia
KOMPETENSI DASAR : MMP.IC.02.005.01

I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
a. Siswa mampu mempelajari penggunaan fokus dan efek pencahayaan dalam menghasilkan gambar digital dengan cermat
b. Siswa mampu mengatur faktor pembukaan lensa, resolusi, mode pencahayaan, brightness dan contratst guna menghasilkan gambar digital seperti yang diinginkan dengan teliti

II. MATERI AJAR :
a. Mempelajari penggunaan fokus dan efek pencahayaan dalam menghasilkan gambar digital
b. Mengatur faktor pembukaan lensa, resolusi, mode pencahayaan, brightness dan contratst guna menghasilkan gambar digital seperti yang diinginkan dengan teliti

III. METODE PEMBELAJARAN :
a. Tanya jawab
b. Tatap muka / Pertemuan
c. Diskusi
d. Demonstrasi / contoh
e. Evaluasi

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
a. Kegiatan Awal : Pre Test
b. Kegiatan inti : Kamera digital dioperasikan secara benar dengan pertimbangan fokus dan
pencahayaan untuk dapat mengambil gambar digital dengan baik
Menampilkan pemasukan dan pengeluaran software gambar digital yang
dipilih dan peralatan serta fitur-fitur program digunakan secara benar
c. Kegiatan Akhir : Ujian lisan

V. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
a. Kamera digital
b. Manual penggunaan kamera digital
c. Buku fotografi
d. Buku pendukung
e. Komputer

VI. PENILAIAN
Hasil post test 7,0

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : DASAR-DASAR MULTIMEDIA
KELAS/SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE : 10
ALOKASI WAKTU : 4 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : Menggabungkan Fotografi Digital ke dalam Sajian Multimedia
KOMPETENSI DASAR : MMP.IC.02.005.01

I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
a. Siswa mampu mempelajari penggunaan fokus dan efek pencahayaan dalam menghasilkan gambar digital dengan cermat
b. Siswa mampu mengatur faktor pembukaan lensa, resolusi, mode pencahayaan, brightness dan contratst guna menghasilkan gambar digital seperti yang diinginkan dengan teliti

II. MATERI AJAR :
a. Siswa mampu Menyimpan gambar digital dengan format tertentu
b. Siswa mampu Mengkoreksi tampilan gambar digital
c. Siswa mampu Memindah gambar digital yang tersimpan pada kamera digital ke media simpan yang lainnya dengan format tertentu

III. METODE PEMBELAJARAN :
a. Tanya jawab
b. Tatap muka / Pertemuan
c. Diskusi
d. Demonstrasi / contoh
e. Evaluasi

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
a. Kegiatan Awal : Pre Test
b. Kegiatan inti : Mengidentifikasi tombol-tombol yang terdapat pada kamera digital
Mempelajari penggunaan tombol-tombol yang terdapat pada kamera digital
c. Kegiatan Akhir : Ujian lisan

V. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
a. Kamera digital
b. Manual penggunaan kamera digital
c. Buku fotografi
d. Buku pendukung
e. Komputer

VI. PENILAIAN
Hasil post test 7,0

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: